Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sk Tim Pengembang Kurikulum Sekolah Dasar


Contoh Sk Tim Pengembang Kurikulum Sekolah Dasar

Pendekatan yang dapat dipilih dan diterapkan dalam pengembangan kurikulum sekolah dasar!

Daftar Isi

1. Pendekatan yang dapat dipilih dan diterapkan dalam pengembangan kurikulum sekolah dasar!


Jawaban:

Dalam pengembangan kurikulum SD terdapat tiga sudut pandang pendekatan yaitu pendekatan dari sudut pandang kebijakan pengembangan kurikulum, pengorganisasian isi kurikulum dan orientasi penyususunan kurikulum.

@Answer and Thank#

2. Uraikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di sekolah dasar!​


Jawaban:

Macam – macam prinsip kurikulum yang harus ditaati dalam pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:

Prinsip relevansi.

Prinsip efektifitas.

Prinsip efisiensi.

Prinsip kesinambungan dan,

Prinsip fleksibilitas.


3. sebutkan landasan dan prinsip pengembangan penyusunan kurikulum ktsp dan kurikulum 2013 di sekolah dasar


kalau menurut saya kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menuntut agar siswa lebih aktif di bandingkan guru oleh sebab itu mengapa kurikulum 2013 sudah ada sejak SD agar melatih siswa SD untuk lebih mandiri dalam belajar sehingga dia tidak terbiasa terpaku oleh gurunya tapi bisa mandiri dalam belajar

4. Mengapa setiap sekolah termasuk pada jenjang Sekolah Dasar dituntut untuk mengembangkan kurikulum sekolahnya masing-masing ? Jelaskan


Kurikulum perlu di kembangkan agar ada perkembangan penddidikan. Kurikulum perlu dikembangkan karena harus sejalan dengan perkembangan zaman maka perlu diubah agar proses kgiatan pndidikan berjalan dengan baik sesuai tuntutan zaman. Agar tidak ketertinggalan zaman.

Pembahasan

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara Pendidikan. Kurikulum berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang Pendidikan.

Fungsi Kurikulum  

Pada dasarnya kurikulum berfungsi sebagai pedoman atau acuan dalam pendidikan. ... Bagi masyarakat, kurikulum berfungsi sebagai pedoman untuk memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah. Sedangkan bagi siswa, kurikulum berfungsi sebagai suatu pedoman belajar.

Pelajari Lebih Lanjut Contoh – Contoh kurikulum dapat di simak di https://brainly.co.id/tugas/23135710 Kelebihan dan kekurangan kurikulum dapat di simak di https://brainly.co.id/tugas/10174161 ===================Detail Jawaban

Kelas : 3

Mapel : Bahasa indonesia

Kategori : Pendidikan

Kode : 3.1.8

#AyoBelajar


5. jelaskan landasan pengembangan kurikulum di sekolah?​


Jawaban:

Pada prinsipnya ada empat landasan pokok yang harus dijadikan dasar dalam setiap pengembangan kurikulum, yaitu:

LandasanFilosofis,

Landasan psikologis,

Landasan Sosiologis

Landasan Ilmu Pengetahuan

dan Teknologi. Sebagai calon guru, mengingat salah satu fungsi dan peran guru adalah sebagai pengembang kurikulum.

Jawaban:

Landasan Kurikulum

Kurikulum Pembelajaran 4

guru, mengingat salah satu fungsi dan peran guru adalah sebagai

pengembang kurikulum.

Penjelasan:

kedalam tiga bagian sebagai berikut:

1. Landasan Filosofis dalam pengembangan kurikulum, yaitu akan

membahas dan mengidentifikasi landasan filsafat dan ilmplikasinya

dalam mengembangkan kurikulum.

2. Landasan Psikologis dalam pengembangan kurikulum, yaitu akan

membahas dan mengidentifikasi landasan psikologis dan

ilmplikasinya dalam mengembangkan kurikulum.

3. Landasan Sosiologis dan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

dalam pengembangan kurik


6. Bagaimana anda mengembangkan program kurikulum di sekolah Anda jelaskan​


Jawaban:

Cara mengembangkan program kurikulum di sekolah

Langkah – langkah pengembangan kurikulum menurut Tyler :

Menentukan tujuan.

Menentukan pengalaman belajar.

Pengorganisasian pengalaman belajar.

Penilaian tujuan belajar sebagai kompponen yang dijadikan perhatian utama.


7. kualitas pendidikan agar praktik pendidikan lebih demokratis salah satunya adalah dengan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) oleh masing-masing sekolah termasuk jenjang Sekolah Dasar. Pertanyaan: Mengapa setiap sekolah termasuk pada jenjang Sekolah Dasar dituntut untuk mengembangkan kurikulum sekolahnya masing-masing ? Jelaskan


Jawaban:

Prinsip pengembangan kurikulum.

Dalam pengembangan kurikulum, perlu menggunakan beberapa prinsip yang dijadikan sebagai acuan agar kurikulum yang didhasilkan itu memenuhi harapan stakeholders pendidikan yang meliputi siswa, pihak sekolah, orangtua, masyarakat pengguna lulusan dan pemerintah. Prinsip dasar tersebut adalah.

1.Prinsip berorientasi pada tujuan

2.Prinsip relevansi

3.Prinsip efektivitas dan efisiensi

4.Prinsip kontinuitas dan fleksibilitas

5.Kontinuitas

6.feksibilitas

7.prinsip integrasi

Penjelasan:

•Dengan diadakan pengembangan kurikulum maka diharapkan dapat meningkatkan suatu kualitas pendidikan yang lebih baik . pengembangan kurikulum yang terjadi merupakan proses yang berkesinambungan . Proses pengembangan kurikulum harus di lakukan dengan baik dan teliti serta mempertimbangkan faktor -faktor pendukung dan penghambatnya karena apabila perubahan kurikulum tidak mengarah kepada tujuan meningkatkan kualitasnya maka akan mengakibatkan kekacauan .


8. mengapa setiap sekolah termasuk pada jenjang sekolah dasar dituntut untuk mengembangkan kurikulum sekolahnya masing-masing​


Setiap sekolah dituntut untuk mengembangkan kurikulum sekolahnya masing-masing karena setiap sekolah memiliki sumber daya manusia, sumber daya alam, fasilitas dan karakteristik warga sekolah serta lingkungan yang berbeda-beda. Dengan fleksibilitas ini diharapkan sekolah mampu membuat kurikulum yang tepat sasaran untuk warga sekolah (guru, siswa, staff dan karyawan sekolah). Adanya kurikulum yang tepat untuk masing-masing sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas sekolah baik secara akademik maupun nonakademik.

Pembahasan

Kurikulum merupakan sejumlah tahapan yang didesain untuk siswa dengan petunjuk institusi pendidikan yang isinya berupa proses yang statis ataupun dinamis dan kompetensi yang harus dimiliki. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan. Kurikulum juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dijalankan, dilaksanakan, direncanakan, diajukan dan diawasi pelaksanaannya yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, perkembangan siswa agar mampu ikut andil dalam masyarakat dan berguna bagi masyarakat, juga akan berguna masa depannya kelak.

Menurut Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat (3) menyatakan bahwa kurikulum disusun sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan:

peningkatan iman dan takwa;peningkatan akhlak mulia;peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik;keragaman potensi daerah dan lingkungan;tuntutan pembangunan daerah dan nasional;tuntutan dunia kerja;perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; agama;dinamika perkembangan global; danpersatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

Pelajari lebih lanjutMateri tentang model pembelajaran : https://brainly.co.id/tugas/35326141Materi tentang pengertian kurikulum : https://brainly.co.id/tugas/11175369Materi tentang sumber hukum : https://brainly.co.id/tugas/25592692

Detail Jawaban

Kelas: SMP

Mapel: PPKn

Bab: Bab 2 - Pembelajaran Norma dan Keadilan

Kode: 7.9.2

#AyoBelajar

#SPJ2


9. Pak Ahmad merupakan Kepala Sekolah yang berinisiatif untuk melaksanakan pengembangan kurikulum di sekolahnya. Hal tersebut perlu dilaksanakan karena kurikulum senantiasa berkembang sejalan dengan perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Selain itu, kurikulum juga memiliki peran sebagai tolak ukur terhadap pencapaian pendidikan, serta berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan bagi tenaga pendidik (guru). Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! a. Berdasarkan fenomena tersebut, uraikan pendekatan yang dapat dipilih dan diterapkan dalam pengembangan kurikulum Sekolah Dasar! b. Uraikan konsep pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang dapat dilakukan dalam pengembangan kurikulum ditinjau dari sudut pandang kebijakan pengembangan kurikulum!


Jawaban:

a. bisa di gunakan pendekatan teknologis

b.  terdapat 3 pendekatan

pendekatan Akademispendekatan humanistispendekatan teknologis

Penjelasan:

kenapa teknologis? karena ada pembahasan tentang teknologinya..yan harus di kuasai di zaman modern ini

hatur nuhun...semoga bisa memantu yaa..maaf kalo jawabannya tidak sesuai dengan harapan, aku hanya niat membantu :)


10. mengapa setiap sekolah termasuk pada jenjang sekolah dasar di tuntut untuk mengembangkan kurikulum sebelumnya masing-masing?jelaskan​


Jawaban:

karena sekolah menjelaskan makna ilmu


11. uraikan pendekatan yang dapat dipilih dan diterapkan dalam pengembangan kurikulum sekolah dasar!


Jawaban:

Pasti dari UT ya

Penjelasan:

Ingin pintar, makanya belajar

Jawaban:

di modul. hal. 7.35


12. bagaimana solusi kepala sekolah terhadap hambatan yang ada dalam pengembangan kurikulum di sekolah​


Jawaban:

Mengganti kurikulum di sekolah tersebut

Penjelasan:

Maaf kalau salah

#MrAFR1965


13. Salah satu prinsip pengembangan kurikulum di sekolah dasar adalah beragam dan terpadu. Uraikan apa yang dimaksud prinsip beragam dan terpadu dalam pengembangan kurikulum! ​


Jawaban:

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adat istiadat, serta status sosial ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.


14. Pak elyas merupakan kepala sekolah yang berinisiatif melaksanakan pengembangan kurikulum disekolahnya. Hal tersebut diperlukan karena kurikulum perlu adanya inovasi yang perlu senantiasa diperbarui seiring dengan perkembangan zaman, serta kebutuhan peserta didik. Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut A. Berdasarkan ilustrasi tersebut, uraikan pendekatan yang dapat dipilih dan diterapkan dalam pengembangan kurikulum sekolah dasar ! B. Buatlah uraian konsep pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang dapat dilakukan dalam pengembangan kurikulum ditinjau dari sudut pandang pengorganisasian kurikulum !


Pendekatan adalah suatu titik tolak (sudut pandang) seseorang terhadap suatu proses tertentu. Pak Elyas merupakan kepala sekolah yang berinisiatif melaksanakan pengembangan kurikulum disekolahnya. Hal tersebut diperlukan karena kurikulum perlu adanya inovasi yang perlu senantiasa diperbarui seiring dengan perkembangan zaman, serta kebutuhan peserta didik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa:

Pendekatan yang dapat dipilih dan diterapkan dalam pengembangan kurikulum Sekolah Dasar yaitu pendekatan humanistis. Pendekatan humanistis adalah salah satu pendekatan yang menempatkan siswa sebagai subjek dan pusat kegiatan pendidikan. Konsep pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang dapat dilakukan dalam pengembangan kurikulum ditinjau dari sudut pandang pengorganisasian kurikulum yaitu pendekatan rekonstruksi sosial yang menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu usaha bersama, kerja sama, dan interaksi antara siswa dengan guru, lingkungan, masyarakat, dan ilmu pengetahuan.

Pembahasan:

Setiap lembaga pendidikan yang ada di Indonesia menggunakan pendekatan pengembangan kurikulum tertentu yang disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai oleh sekolah tersebut. Pendekatan adalah suatu titik tolak (sudut pandang) seseorang terhadap suatu proses tertentu.  Dengan pendekatan yang tepat maka tujuan dari lembaga pendidikan akan tercapai.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian kurikulum https://brainly.co.id/tugas/3777707Materi tentang patokan pengembangan kurikulum https://brainly.co.id/tugas/51079351Materi tentang pengertian kurikulum 2013 https://brainly.co.id/tugas/899313

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Mengolah Informasi

Kode: 12.1.7

#AyoBelajar

#SPJ2


15. sebutkan beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengembangkan motivasi belajar menurut Tim MGP & kelompok kerja pengembangan kurikulum​


Jawaban:

Dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam

bidang tarbiyah dan Ilmu Keguruan maka mahasiswa

harus dibekali materi kuliah yang relepan dan ditunjang

dengan program pengembangan kompetesi mahasiswa berupa

kegiatan Program Praktik Lapangan (PPL). empat standar memiliki

kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang calon guru, yaitu (1)

kompetensi pedagogis, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi

sosial, dan (4) kompetensi profesional. Kompetensi pedagogis adalah

kompetensi yanga terkait dengan penguasaan guru tentang teori

belajar mengajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik,

termasuk di dalamnya penguasaan terhadap hal-hal yang terkait

dengan kurikulum

Tujuan pokok mata kuliah ini adalah memberikan modal

bagi pengembangan kurikulum dalam setiap individu mahasiswa.

Mengingat matakuliah ini diberikan untuk konsentrasi tarbiyah

dan ilmu keguruan, maka materi-materi yang diberikan dalam

matakuliah pengantar kurikulum.

Penjelasan:

maaf kalo slh


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Sk Tim Pengembang Kurikulum Sekolah Dasar"